Diberdayakan oleh Blogger.
Home » » 5 Manusia Pertama Berjalan di Luar Angkasa

5 Manusia Pertama Berjalan di Luar Angkasa

Berjalan di luar angkasa (Space Walk) merupakan aktivitas yang dilakukan oleh astronot di luar pesawat ketika mereka sedang mengorbit di luar bumi. Disebut juga sebagai Extra-vehicular activity alias beraktivitas di luar kendaraan luar angkasa. 

Tak dinyana, aktivitas di luar angkasa ini menjadi kompetisi tersendiri bagi astronot-astronot karena memiliki tantangan dan bahaya tersendiri. Lalu, siapa sajakah yang pertama kali berjalan di luar pesawat ketika sedang mengorbit di luar bumi? Inilah daftarnya.

1. Alexey Leonov


Pemilik nama lengkap Alexey Arkhipovich Leonov ini dilahirkan di Listvyanka, Kemerovo Oblast, Uni Soviet pada 30 Mei 1934. Dia pensiun dari astronot Rusia dan berpangkat terakhir Mayor Jenderal di Angkatan Udara. Pada 18 Maret 1965, Leonov menjadi manusia pertama di dunia yang berjalan di luar angkasa. 

Dia berada di luar pesawatnya itu selama 12 menit 9 detik. Leonov sendiri merupakan satu dari 20 pilot Angkata Udara Soviet yang terpilih menjadi astronot pada 1960. Perjalanannya ke luar angkasa rencananya untuk 11 misi menggunakan pesawat Vostok. Namun, semua itu dibatalkan dan hanya menyisakan 1 misi yang membuatnya menjadi salah satu manusia paling dikenang dalam sejarah dunia penerbangan luar angkasa.


2. Edward Higgins White


Manusia kedua yang berjalan di luar angkasa adalah Edward Higgins White melalui misi Gemini 4. Meskipun manusia kedua, tetapi dalam sejarah penerbangan luar angkasa Amerika, dia adalah manusia pertama yang berjalan di luar pesawatnya ketika mengorbit di atas bumi pada 3 Juni 1965. Pria kelahiran 14 Nopember 1930 ini merupakan teknisi sekaligus perwira Angkatan Udara Amerika Serikat Berpangkat Letnan Kolonel. Meskipun begitu, umurnya tidak panjang. 


Dia meninggal pada kecelakaan ujian pra-peluncuran misi Apollo di Tanjung Kennedy pada 27 Januari 1967. Dia meninggal bersama rekan astronot Amerika Serikat lainnya, yaitu Gus Grissom dan Roger Chaffee. Atas prestasinya dalam bidang penerbangan luar angkasa, White dianugerahi Medali Pelayanan Terhormat NASA untuk penerbangan Gemini 4 dan penghargaan anumerta pada Medali Kehormatan Kongres Luar Angkasa.


3. Eugene Cernan


Terlahir 14 Maret 1934, Eugene Andrew Cernan merupakan pensiunan perwira Angkatan Laut Amerika Serikat dan mantan astronot dan teknisi NASA. Cernan telah bepergian ke luar angkasa sebanyak 3 kali, yaitu pada Juni 1966 sebagai pilot Gemini 9A, pilot modul bulan di Apollo 10 pada Mei 1969, dan sebagai komandan Apollo 17 pada Desember 1972. Cernan juga membantu anggota kru untuk misi Gemini 12, Apollo 7, dan Apollo 14. Lulusan Teknik Elektro ini, merupakan manusia ketiga dalam sejarah manusia yang berjalan di luar angkasa ketika pesawatnya sedang mengorbit jauh di atas bumi. 
unikgaul.com


4. Michael Collins 


Warga Amerika kelahiran Roma, Italia, 31 Oktober 1930 ini, merupakan mantan astronot Amerika dan pilot. Michael Collins terpilih sebagai bagian dari 3 group yang terdiri atas 14 astronot pada 1963. Collins sendiri terbang ke luar angkasa sebanyak 2 kali. Penerbangan pertamanya bersama Gemini 10 dan dia berjalan di luar angkasa ketika 2 pesawat luar angkasa yang berbeda mencoba bersatu di atas bumi.  
unikgaul.com

Kemudian perjalanan keduanya ke luar angkasa ketika dia menjadi komando pilot modul untuk Apollo 11. Ketika dia mengorbit di atas bulan, Neil Armstrong bersama Buzz Aldrin membuat sejarah dengan berjalan di atas permukaan bulan. Collins sendiri merupakan satu dari 24 manusia yang pernah terbang di atas bulan.


5. Richard F. Gordon, Jr.


Pensiunan astronot NASA ini dilahirkan pada 5 Oktober 1929 dan berpangkat kapten. Richard F. Gordon, Jr. merupakan satu dari 24 orang yang terbang di atas bulan. Dirinya terpilih sebagai astronot pada Oktober 1963 dan terpilih sebagai pilot cadangan untuk penerbangan Gemini 8. 


Pada September 1966, Gordon melakukan terbang perdana sebagai pilot untuk Gemini 11. Pada penerbangannya tersebut, Gordon berjalan di luar pesawatnya di atas permukaan bumi sebanyak 2 kali. Gordon pensiun dari NASA pada Januari 1972. unikgaul.com


Obat Herbal

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Arsip Blog

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...