Diberdayakan oleh Blogger.
Home » » 5 Burung Berparuh Unik di Dunia

5 Burung Berparuh Unik di Dunia

Paruh pada hewan unggas tak sekedar mulut atau alat untuk makan. Dengan berbagai bentuk, paruh yang menjadi struktur anatomi luar burung serta unggas lainnya, juga kerap digunakan untuk berdandan, memanipulasi obyek, membunuh, mencari makan atau mangsa serta memberi makan anak-anaknya. Ukuran dan bentuk paruh burung atau unggas sangat beragam, disesuaikan dengan makanan yang disantap. Selain dari fungsinya yang sangat luar biasa, paruh burung juga memiliki bentuk beragam, unik dan cantik. 

Berikut kami merangkum 5 burung berparuh unik menurut unikgaul.com:

1 .   Cock of The Rock Dengan Jambul Syahrini

  
Cock of the rock adalah sejenis burung penari yang indah dari Amerika Selatan. Nama untuk burung ini disesuaikan dengan tempatnya bersarang yaitu di bukit berbatu. Burung ini terdiri dari dua spesies yaitu Guyana cock of the rock rupicola dan andean cock of the rock rupicola peruvianus. Untuk jenis Guyana cock of the rock banyak ditemukan di dataran tinggi Guyana termasuk Suriname, Kolombia Timur, Venezuela Selatan dan sekitar Sungai Amazon Brasil. Sementara untuk andean cock of the rock tersebar di hutan Pegunungan Andes seperti Venezuela, Ekuador, Peru dan Bolivia.unikgaul.com

Kendati terbagi ke dalam dua spesies, namun cock of the rock dikenal sebagai burung yang indah dan unik. Keseluruhan tubuh ini diselimuti oleh bulu cantik yang berwarna jingga atau merah. Baik jenis guyana maupun andean, memiliki paruh yang unik. Sebenarnya, paruh guyana cock of the rock sama seperti burung pemakan biji-bijian lainnya yang berbentuk kecil. Namun mahkota setengah lingkaran yang tak lazim di atas kepalanya membuat paruh ini menjadi semakin unik.unikgaul.com

Sementara untuk andean cock of the rock, tubuhnya sedikit lebih besar. Jika spesies guyana memiliki mahkota, maka untuk andean cock of the rock lebih unik lagi yaitu memiliki jambul syahrini. Jambul tersebut hampir menutupi paruh bagian atas. Bahkan jambul tersebut tak hanya mempercantik, namun juga seperti menjadi bagian dari paruh bagian atas. Warna bulu untuk andean cock of the rock ini abu-abu kebiruan. Makanan burung ini adalah buah-buahan, serangga, binatang kecil seperti kadal dan katak.unikgaul.com


2. Paruh Mirip Sepatu Burung Shoebill


Burung lain pemilik paruh unik adalah shoebill. Burung ini salah satu dari keluarga bangau dengan ukuran tubuh yang sangat besar. Burung ini, rata-rata memiliki panjang atau tinggi hingga 1,2 meter dengan berat 5,6 kilogram. Habitat dari burung shoebill ini adalah kawasan timur tropis afrika seperti wilayah rawa-rawa besar Sudan dan Zambia. Burung shoebill juga dikenal sebagai whalehead atau shoe billed stork. Nama tersebut diambil dari bentuk paruh besar uniknya yang mirip dengan sepatu. Paruh besar burung ini memanjang ke depan, layaknya bagian atas sepatu manusia.unikgaul.com

Meski memiliki kekerabatan dengan bangau, namun bentuk keseluruhan dari burung ini telah diklasifikasikan ke dalam urutan ciconiiformes. Beberapa pihak berwenang saat ini mereklasifikasikan burung ini sebagai pelecaniformes. Baru-baru ini shoebill telah ditambahkan ke dalam daftar ornitologi, spesies baru yang ditemukan pada abad-19. Burung ini dikenal baik di mesir dan arab kuno. Bahkan orang-orang arab menyebut burung ini sebagai markub abu yang berarti satu dengan sepatu.

Shoebill juga dikenal karena pemalas dan gerakan yang lambat. Bahkan burung ini memiliki kecenderungan untuk tetap diam dalam waktu yang cukup lama. Shoebill juga burung sensitif terhadap gangguan manusia. Burung ini akan meninggalkan sarang dan marah jika diganggu manusia. Shoebill memiliki prilaku yang unik dan cerdas dalam mencari makan. Burung ini selalu memancing di perairan yang kadar oksigennya sangat rendah. Di wilayah perairan seperti itu, ikan-ikan sering naik ke permukaan untuk bernafas dan pada saat itulah shoebill memangsanya.


3. Paruh Besar Burung Toucan

 

Burung yang satu ini terkenal di dunia karena paruhnya. ​ya, burung toucan memang memiliki paruh yang istimewa. Tak hanya ukurannya yang besar, paruh burung toucan juga memiliki warna-warni yang sangat cantik. Paruh toucan yanh lebarnya sama dengan ukuran kepala dan sangat panjang ini, berguna sebagai alat makan. Paruh ini cukup panjang untuk menjangkau buah pada cabang pohon yang terlalu kecil jika dijadikan peyangga. Paruh cantiknya itu bisa juga digunakan untk mengupas buah. Saat makan buah kecil, toucan seringkali memiringkan kepalanya ke belakang untuk menggelindingkan buah kecil tersebut ke kerongkongannya sebelum ditelan.

Tak hanya cantik hingga menarik perhatian manusia, paruh burng toucan juga menjadi alat untuk mencuri perhatian pasangan pada masa kawin. Baik burung toucan jantan maupun betina, keduanya memiliki paruh yang sama besarnya. Toucan menggunakan paruhnya untuk saling menangkap dan melemparkan buah kecil atau potongan buah kepada pasangannya saat ritual perkawinan. Meski ukurannya besar, namun paruh burung toucan lebih bersifat pajangan. Paruh besarnya itu tak pernah digunakan untuk memerangi predator meski hal itu bisa dilakukan.

Burung toucan berasal dari hutan hujan amerika tengah dan amerika selatan. Toucan banyak hidup di hutan antara meksiko dan argentina. Burung ini merupakan ikon hutan hujan. Burung toucan memiliki peran penting bagi hutan hujan karena merupakan vector yang membantu menyebarkan biji pepohonan setelah buahnya dimakan. Namun demikian, burung toucan juga memangsa hewan yang lebih kecil karena termasuk golongan omnivora.


4. Paruh Kakak Tua Mirip Dengan Gegep

 

Kakak tua adalah jenis burung hias yang memiliki bulu indah dengan lengkingan suara yang cukup nyaring. spesies ini juga termasuk salah satu burung dengan tingkat kecerdasan yang sangat baik. karenanya, kakak tua sering digunakan untuk memeriahkan acara-acara hiburan di kebun binatang atau tempat lainnya. selain kelebihan-kelebihan tadi, burung kakak tua memiliki paruh unik. meski ukurannya kecil, namun paruh buntet burung kakak tua sangat kuat, bahkan mampu memecahkan biji-bijian keras yang akan dimakannya.

Bentuk serta kekuatan paruh burung kakak tua kemudian menginspirasi manusia untuk menciptakan alat atau perkakas yang biasa digunakan pekerja bangunan. bentuk umum dan karakteristik perkakas yang disebut gegep ini sepintas mirip dengan tang. hanya saja, bagian depan gegep yang digunakan sebagai penjepit bentuknya mirip dengan paruh burung kakak tua. sementara tang, bentuk bagian depannya lebih mirip mulit buaya. perkakas gegep menjadi alat yang digunakan pekerja bangunan untuk mencabut paku-paku yang sudah tak terpakai. bukan hanya itu, gegep bisa juga digunakan untuk memotong kabel kecil atau timah dan tembaga.

Burung kakak tua merupakan spesies yang hidup pada ketinggian hingga 1.520 meter di atas permukaan laut. burung kakak tua yang hidupnya berkelompok, pada umumnya berusia panjang hingga mencapai 60 tahun. burung kakak tua juga terdiri dari beberapa jenis dan di antaranya adalah kakak tua jambul kuning. bulu tubuh kakak tua jambul kuning ini berwarna putih. kakak tua jambul kuning ini sangat mencolok saat terbang. kepakan sayap yang sangat cepat dan kuat diselingi gerakan melayang serta saling berteriak.


5. Paruh Panjang Dan Tipis Burung Cikalang Christmas

 

Burung terakhir pemilik paruh unik yang akan dibahas spotlite kali ini adalah cikalang christmas. paruh burung ini dianggap unik karna bentuknya yang panjang dan tipis. di bagian depan atau ujung paruh burung cikalang ini terdapat lekukan dengan posisi melebar. sepintas, paruh burung cikalang ini mirip dengan sendok atau penjepit makanan pada saat barbekyu. sebagai burung laut, paruh panjang dan tipis tersebut menjadi alat berburu atau memancing ikan di lautan.

Burung cikalang christmas merupakan burung migran yang berkembang biak di pulau christmas, australia. pada saat tidak berkembang biak atau di luar masa kawin, burung-burung mengembara hingga perairan indonesia. para penerbang jarak jauh ini memanfaatkan hembusan angin yang memungkinkan mereka terbang dengan energi minim. ketika tidak ada angin, burung ini cenderung diam dan suka bertengger di wilayah yang banyak ikannya.

Di Teluk Jakarta, burung yang berukuran hingga 95 sentimeter ini menyerang burung lain untuk memperoleh makanan. karenanya, burung cikalang christmas ini juga dijuluki burung perompak. makanan dari burung ini adalah ikan, cumi-cumi dan lainnya. burung ini biasanya membuat sarang di pohon-pohon tinggi. saat ini, burung cikalang christmas masuk dalam daftar yang nyaris punah.


Obat Herbal

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Arsip Blog

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...